Mengejutkan, 11 Manfaat Seks Rutin Bagi Kesehatan

11 Manfaat Sex Rutin Bagi Kesehatan

11 Manfaat Sex Bagi Kesehatan

Tahukah anda, hubungan seks secara rutin dengan pasangan resmi memiliki manfaat mengejutkan yang tak pernah anda bayangkan?

Berbagai penelitian ilmiah membuktikan, hasrat untuk berhubungan intim sebenarnya sudah mampu menjadi energi positif yang mendorong naiknya sistem kekebalan tubuh. Psikolog dan sex therapist dari New York, Joy Davidson, Ph.D,  menyatakan banyak orang kaget saat tahu manfaat yang bisa didapat dari hubungan seks yang rutin dilakukan. 

Kenyataannya, meski seks sudah banyak dibicarakan diberbagai media, banyak orang masih menganggap, membicarakan seks itu “memalukan”. Soal manfaat seks juga sudah banyak diungkap, meski sebagian orang menganggapnya sekedar lelucon. Inilah 10 manfaat seks yang mungkin mengejutkan anda.

Seks Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat terbesar dalam berhubungan seksual adalah menurunkan tekanan darah dan meredam stres. Penelitian di Skotlandia, seperti dilaporkan jurnal Biological Psychology, melibatkan 24 wanita dan 22 pria. Mereka mengaku melakukan hubungan seks rutin, minimal satu kali dalam seminggu.

Hasilnya, ditemukan adanya kecenderungan tekanan darah yang relatif stabil pada responden pria maupun wanita. Hal ini diakui merupakan bagian dari pengaruh aktivitas hubungan seks bersama pasangan masing-masing.

Berhubungan seks terbukti mampu menurunkan tekanan darah sistolik. Selain itu, seks juga mampu mengurangi kadar homosistein pada darah sehingga dapat mengurangi risiko penyumbatan pembuluh darah. Pembuluh darah yang lancar berarti anda jadi lebih aman dari serangan jantung.

Seks Membebaskan Stres

Aktivitas seks juga dilakukan untuk melepas penat dan mengungkapkan cinta. Karenanya, berhubungan seksual dapat mengurangi hormon stres. Terlalu banyak hormon stres dalam tubuh bisa memacu kerja jantung terus-menerus dan meningkatkan tekanan darah. Akibatnya, anda jadi lebih rentan mengalami penyakit jantung.

Seks Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Aktivitas seks rutin satu atau dua kali dalam seminggu berhubungan erat dalam peningkatan daya tahan tubuh, terutama antibodi imunoglobulin A atau IgA. Antibodi ini yang melindungi tubuh dari pengaruh perubahan cuaca dan infeksi.

Para ilmuwan dari Wilkes University, Pennsylvania, mengambil contoh air liur 112 orang yang melakukan aktivitas seks seminggu atau dua minggu sekali. Hasilnya, mereka yang rutin melakukan hubungan seksual seminggu sekali atau lebih, memiliki antibodi lebih tinggi dibandingkan dengan yang hanya melakukan hubungan seksual dua minggu sekali.

Seks Meningkatkan Kesehatan Jantung

Banyak pria berusia diatas 50 tahun merasa takut berhubungan seks karena berfikir aktivitas tersebut dapat meningkatkan risiko terkena stroke.

Namun, para peneliti dari Inggris, seperti dipublikasikan dalam Journal of Epidemiology and Community Health. Melakukan riset terhadap 914 pria selama 20 tahun dengan gangguan stroke, justru menemukan fakta lain. Aktivitas seks yang rutin setidaknya dua kali seminggu mampu menekan risiko serangan jantung fatal. 

Kopi Cleng - Kopi Anti Ejakulasi Dini

Beli Hari Ini dan Dapatkan Diskon Spesial Untuk Anda
Best Seller

Seks Meningkatkan Kepercayaan Diri

Selain manfaat fisik, rutin melakukan hubungan seks dapat mendorong kesehatan mental dan jiwa.

Tahukah anda, satu dari 237 alasan orang melakukan aktifitas seksual adalah untuk meningkatkan rasa percaya diri. Kenyataan itulah yang diungkap peneliti dari University of Texas, seperti dipublikasikan dalam Archives of Sexual Behavior.

Kenyataan itu juga didukung sex therapist serta konsultan keluarga dan perkawinan asal Cambridge Gina Ogden, Ph.D,. Menurutnya, banyak orang beralasan aktivitas seks dapat meningkatkan rasa percaya diri dan perasaan nyaman.

“Seks yang bagus dimulai dari rasa percaya diri, demikian juga sebaliknya. Tentu saja hubungan seks yang dilandasi rasa cinta, kasih sayang, dan suasana harmonis akan mendatangkan rasa percaya diri dan nyaman itu.”ungkapnya.

Seks Meningkatkan Keakraban dan Keharmonisan

Aktivitas seks dapat meningkatkan hormon oksitosin disebut juga hormon cinta, yang membantu menumbuhkan rasa saling cinta dan percaya.

Peneliti dari Pittsburgh University dan North Carolina University, mengevaluasi 59 wanita pra menoupouse sebelum dan sesudah melakukan foreplay (pemanasan) bersama suaminya yang diakhiri pelukan. Mereka mengaku menemukan kedekatan, dan kadar hormon oksitosin juga meningkat tajam.

Kadar oksitosin yang tinggi berhubungan erat dengan perasaan nyaman. Jika anda tiba-tiba merasa lebih nyaman dengan pasangan anda, bisa jadi itu karena pengaruh hormon cinta.

Seks Mengurangi Risiko Kanker Prostat

Ejakulasi yang rutin, terutama pada pria berusia 20-an tahun, kemungkinan dapat mengurangi risiko kanker prostat selama hidupnya. Seperti dilaporkan peneliti asal Australia dalam British Journal of Urology International.

Studi lain, seperti dilaporkan dalam Journal of American Medical Association mengungkapkan, ejakulasi 21 kali atau lebih dalam sebulan dapat mengurangi risiko kanker prostat saat usia mulai menua daripada yang hanya ejakulasi 4-7 kali perbulan.

Rajin ejakulasi memungkinkan prostat membersihkan senyawa penyebab kanker keluar tubuh. Selain itu, mencegah penimbunan kalsium yang diasosiasikan pada kanker prostat.

Minyak Lintah Papua - Pembesar Penis No 1

Beli Hari Ini dan Dapatkan Diskon Spesial Untuk Anda
Best Seller

Seks Memperkuat Tulang Panggul

Selama ini wanita lebih mengenal senam kegel untuk meningkatkan kualitas kemampuan seksnya. Latihan ini juga dipercaya mengurangi risiko inkontinesia (susah mengontrol buang air kecil) saat usia mulai menua.

Beberapa peneliti justru mengungkapkan bahwa aktivitas seks yang rutin bagi wanita ternyata bermanfaat hampir sama dengan latihan kegel. Aktivitas seks rutin bahkan memiliki manfaat lebih, yakni membantu memperkuat tulang pinggul dan mengencangkan otot panggul bawah, dengan adanya kontraksi otot saat orgasme.

Seks Membakar Kalori

Seks merupakan aktivitas fisik. Berhubungan seks sama bobotnya dengan aktivitas berjalan cepat. Melakukan hubungan seks selama 30 menit dapat membakar sekitar 200 kalori. 

Oleh karenanya, menjadwalkan hubungan intim secara rutin adalah kegiatan yang tepat untuk membakar kalori secara teratur.

Seks Meningkatkan Kualitas Tidur

Setelah orgasme, tubuh memproduksi hormon prolaktin yang dapat menimbulkan rasa rileks dan mengantuk sehingga anda akan tidur lebih cepat dan lebih nyenyak. Tidur nyenyak dapat berkontribusi dalam memperkuat daya tahan tubuh dan meningkatkan energi.

Seks Meredakan Nyeri

Manfaat hubungan intim lainnya adalah meredakan nyeri. Saat melakukan hubungan seksual, otak melepaskan hormon endorfin. Endorfin tidak hanya membuat tubuh lebih rileks, tapi juga dapat meredakan nyeri, seperti migrain dan nyeri punggung.

Sex Drops - Pembangkit Gairah Seksual

Beli Hari Ini dan Dapatkan Diskon Spesial Untuk Anda
BEST SELLER
Summary
Article Name
Mengejutkan, 11 Manfaat Seks Rutin Bagi Kesehatan
Description
Melakukan Seks rutin dengan pasangan resmi memiliki banyak manfaat bukan hanya sekedar biologis dan birahi. Cari tahu apa saja manfaatnya dalam artikel ini.
Author
Publisher Name
Klinik Herbalis